Rabu, Januari 27, 2010

WAH…..BERAT BADAN MU TURUN BANGET YACH

WAH…..BERAT BADAN MU TURUN BANGET YACH
(Tulisan dibuat atas izin yang Bersangkutan
)


Sore itu disaat sedang memeriksa pasien diruang praktek saya, masuk sebuah sms dari pasien yang cukup akrab dengan saya karena dia sering berkonsultasi dan berdiskusi dengan saya. Sms nya kali ini meminta waktu sekalian membuat janji kepada saya untuk membantu teman nya yang mau menurunkan berat badannya secara alami, saya menyebutnya dengan Program ‘Natural Weight Loss with Mind Programming’. Ya secara alami tanpa obat dan injeksi, karena dia salah satu dari banyak pasien saya yang telah merasakan hasil dan manfaat dari penurunan berat badannya secara alami.

Kali ini dia meminta saya untuk membantu temannya yang juga ingin seperti dia. Dia minta pada hari yang ditentukan nya disore hari dari jam 6 sampai selesai untuk melakukan program ini. Saya balas pesan darinya bahwa saya ada waktu untuk hal itu bisa dilakukan diatas jam 7 atau setelah pasien umum selesai, dan dia pun menyatakan OK.
Kembali malamnya dia memastikan saya dengan janji itu, dengan mengirimkan pesan pada saya, dimana saat itu saya sedang mengisi acara di radio swasta Banjarmasin dimana saya sebagai narasumber diradio itu yang telah saya asuh selama lebih dari 1 tahun ini, dan saya Ok kan kembali dengan janji tersebut.

Saat ini, setiap hari saya sangat sibuk dengan kegiatan praktek saya di pagi dan sore hingga malam, karena saya memang focus praktek pribadi tanpa bekerja di institusi manapun. Setiap hari banyak sekali pasien yang datang ketempat praktek saya, baik berobat untuk masalah fisik ataupu psikis, seperti : masalah keluarga, orang tua, anak, kenakalan remaja, perceraian, pendidikan dan cara belajar, stress, depresi, phobia, motivasi, dll. Ditambah lagi jadwal siaran di radio sebagai narasumber 3x dalam seminggu untuk 2 radio di Banjarmasin, juga kegiatan seminar dan training, sehingga setiap hari saya harus benar-benar menjadwalkan pasien-pasien yang telah membuat janji dengan saya, agar mereka tidak menunggu lama saat.
Kadang ada juga pasien yang memohon untuk segera bertemu dan dibantu, padahal di hari itu telah terjadwal beberapa pasien yang telah konfirmasi untuk datang, untuk itu terpaksa saya gunakan waktu diluar jadwal praktek yang telah ditentukan.
Kadang juga terpaksa menolak pasien yang belum membuat janji, yang mau ketemu dihari itu, dikarenakan pasien yang telah confirm untuk datang dihari itu telah ada dan banyak, untuk itu saya sarankan untuk membuat janji lebih dahulu untuk diprioritaskan waktunya.
Karena hal inilah maka jadwal pertemuan yang saya sudah sepakati dengan pasien saya ini kali ini saya tunda, bukan pada hari dan jam yang dia inginkan tetapi saya pindahkan ke hari minggu agar lebih tenang dan lebih panjang waktunya, biasanya untuk hal ini memerlukan waktu minimal 2 jam pertemuan.

Disela waktu yang padat dengan pasien-pasien disempatkan pula waktu untuk membaca banyak buku dan mengumpulkan referensi untuk menambah literature penulisan buku yang sedang dalam penulisan tentang Neuro-Hipnosis & Neuro-Hipnoterapi. Selain itu ada beberapa judul buku juga yang sedang dipersiapkan untuk segera dituliskan, mudah-mudahan semua dapat segera terselesaikan disela kesibukan yang ada. Karena itulah beberapa waktu ini kadang saya tidak sempat menjawab pertanyaan-pertanyaan yang disampaikan kepada saya yang masuk melalui email atau FB dan juga group Superparenting. Saya hanya memantaunya saja melalui BB dan hanya menjawab beberapa pertanyaan pendek dengan jawaban yang singkat dan padat melalui BB saya.

Dari sms yang masuk ini, berarti pasien saya ini merekomendasikan temannya untuk ikut program penurunan berat badan ini kepada saya, yang berarti dia sendiri telah berhasil menurunkan berat badan nya dengan program ini. Tidak hanya dia yang merekomendasikan, tetapi juga banyak pasien lainnya yang telah mengikuti program ini dan berhasil, memberikan testimoni dan rekomendasi kepada teman dan orang-orang dekat mereka untuk turut pula mengikuti program ini.

Ok, kini kita kembali kecerita awal tentang pasien saya ini. Sebelumnya mungkin ada pertanyaan yang muncul dari anda yang membaca tulisan ini, apa alasan saya kali ini menceritakan pasien ini ? Ok…..kita mulai ceritanya.

Awalnya pasien ini datang ketempat praktek saya sekitar 6 bulan yang lalu untuk menurunkan Berat Badan nya.
Saat itu ditimbang berat badannya ditempat praktek saya dengan timbangan khusus yang saya miliki yang dapat mengukur ketebalam lemak di daerah perut (visceral fat), persentasi lemak tubuh selain diperut, BMI dan BMR. Saat itu terukur berat badannya 78,2 kg dengan tinggi banda 152 cm.
Dapat anda bayangkan dengan berat badan seberat itu dan tinggi badan segitu gambaran tubuhnya secara
keseluruhan diimajinasi anda.



Saat pertama kali datang, dia menceritakan bahwa kondisi tubuh nya dengan berat badan yang nampak besar dan berat seperti itu memang semenjak kecil dan saat ini dia merasa tidak terlalu percaya diri dengan berat badan seperti itu, bahkan dia merasakan aktifitasnya semakin tidak gesit. Dia mengatakan bahwa dia telah mencoba dan mengikuti banyak hal serta telah melakukan berbagai macam cara untuk menurunkan berat badan nya seperti minum obat-obat tertentu, suntik dan tusuk jarum tetapi menurutnya selalu gagal, kalaupun berhasil hanya turun sebentar kemudian naik kembali.

Kegagalan-kegagalan atas usaha yang telah dilakukan nya untuk menurunkan berat badan selama ini menjadi kenyakinan yang kuat dalam dirinya bahwa dirinya sangat sulit untuk menurunkan berat badan, bahkan tidak percaya bahwa berat badanya dapat turun. Tetapi kali ini dia mengatakan mau mencoba dengan teknik dan program yang saya miliki yang direkomendasikan temannya dan dia juga telah mendengarnya dari beberapa orang dan teman-temannya.

Ini menjadi hal berat dan juga merupakan tantangan bagi saya untuk membantunya. Apalagi disaat pertama kali datang waktu itu dia mengatakan tahu banyak (berdasarkan persepsinya) tentang hypnosis dan NLP yang dia dapat dari training-training yang diadakan oleh perusahaannya, yang membuat dia agak penasaran apa iya dengan hipnoterapi dan NLP dapat membantu dan memprogram ulang pikiran untuk penurunan berat badan. Waktu itu saya mengatakan bahwa sudah banyak sekali pasien yang mengikuti program ini dan berhasil, saya juga menjelaskan bahwa teknik yang saya lakukan tidak sekedar seperti persepsi dia hanya dengan hypnosis dan NLP tetapi juga saya menggunakan prinsip-prinsip ilmu pikiran yang benar dan tepat dengan Neuroscience (ilmu tentang otak) yang jauh lebih mempermudah pengertian dan pemahaman prinsip dan cara kerja pikiran
sehingga apa yang dilakukan benar-benar sangat science, dimengerti, difahami serta diikuti bagaimana program ini bekerja, bahkan apa yang dilakukan pada neuron diotak saat pemprogram ini dilakukan.

Karena dia waktu itu datang di saat jam praktek umum saya, maka saat itu saya hanya menjelaskan saja prinsip-prinsip apa yang dilakukan dan hasil yang didapat. Biasanya juga pada pasien-pasien yang mau mengikuti program ini tidak langsung saya iyakan dan lakukan saat itu tapi saya berikan waktu dulu untuk berpikir atas apa yang saya jelaskan dan memikirkan serta memperhitungkan kembali biaya yang dia keluarkan untuk mengikuti program tersebut yang lumayan mahal bagi orang Banjarmasin. Maka pada saat dia datang kembali dan memutuskan untuk melakukan program tersebut berarti keinginan orang tersebut memang besar dan kuat untuk mengikuti program tersebut.

Kebanyakan Orang-orang yang ingin menurunkan berat badan selalu ingin tetap enak, enak makan maksudnya tapi berat badan terus turun. Pada hal jika mereka menyadari bahwa naiknya berat badan mereka karena factor makanan yang tidak tepat dan juga tidak menyehatkan yang menyebabkan berat badan mereka naik, tetapi hampir semuanya pula mengatakan saat ditanya apa yang menyebabkan berat badan mereka naik, mereka pasti mengatatakan saya tidak tahu, karena itu saya sering mengatakan sebenarnya kenaikan berat badan seseorang itu sebenarnya disadari secara penuh tetapi dengan perkataan pembenaran diri bahwa saya tidak menyadarinya, baru sadar kalau ada yang bilang atau saat pakaian udah nga bisa dipakai lagi karena badan bertambah gemuk.

Hal yang perlu disadari untuk menurunan berat badan adalah Kesadaran diri tentang Konsep Diri sendiri dan Kesadaran Berpikir dalam mengatur Pola makan terutama makanan yang pas, pantas, dengan variasi makanan yang seimbang dan gizi yang tepat sesuai dengan berat badan dan menyehatkan tubuh, bukan dengan cara diet yang sangat ketat bahkan sampai tidak makan yang membuat diri menjadi sakit.
Prinsip paling utama agar berat badan turun adalah jumlah kalori yang masuk dari makanan yang dimakan, dalam hal ini disebut dengan input, harus kurang dari jumlah kalori yang masuk atau disebut dengan output. Bila yang terjadi adalah kurang dari sama dengan berarti berat badan tidak turun dan juga tidak naik.

Dan ada beberapa hal lain lagi yang perlu dan wajib diperhatikan saat seseorang mau menurunkan berat badannya, karena hal ini sangat mempengaruhi sekali keberhasilan penurunan berat badan atau dapat membuat gagal, minimal membuat penurunan berat badan menjadi sangat lambat karena pengaruhi dari beberapa hal ini secara fisiologis normal sangat mempengaruhi pada penumpukan dan penambahan lemak ditubuh yang sangat sulit untuk ditolak dan dikendalikan. Karena itu sebelum melakukan program penurunan berat badan ini dilakukan, saya wajib menanyakan nya lebih dahulu, bila hal ini terlewatkan untuk ditanyakan atau pada saat saya menanyakan hal ini kepada pasien yang mau menurunkan berat badannya dan ternyata terdapat beberapa hal-hal yang masuk dalam kategori yang dapat membuat gagal atau minimal membuat penurunan berat badan lambat maka kualitas program penurunan badan yang diinginkan dapat menjadi gagal atau minimal lebih lambat tidak sesuai dengan target yang diinginkan dan yang telah diperhitungkan sebelumnya.

Nah sekarang kita kembali ke pasien saya ini yang sudah lama tidak ketemu langsung dengan saya, terakhir di catatan medical record saya, ketemu dia 5 bulan yang lalu, saat itu dia datang untuk menimbang dan mengukur ulang tubuhnya, saat itu turun nya 1,2 kg, dengan visceral fat atau lemak perut yang turun 1 angka dari nilai sebelumnya dan yang lainnya juga turun.

Dan kemaren saat dia bawa temen nya untuk berkonsultasi awal dengan saya untuk melihat dan menilai langsung kondisi temennya untuk pengukuran awal agar target yang diinginkan dapat dihitung lebih dahulu, saya sangat terkejut sekali melihat postur tubuh yang mengalami perubahan sangat drastis, dan saat saya lihat di catatan medical record saya, tepat 6 bulan yang lalu program penurunan berat badan ini dilakukan dan sekarang berat badannya turun 13 kg selama 6 bulan ini (sesuai dengan penurunan berat badan ideal perbulan) dari target penurunan sebanyak 24 kg selama 12 bulan (1 tahun) yang kami tetapkan, programkan dan sepakati. Dia bilang tidak hanya saya sebagai dokternya yang terkejut dengan kondisi dia tapi juga banyak temen-temen nya yang lain yang terkejut dan tidak percaya ko bisa turun sebegitu jauhnya, bahkan katanya dia sendiri juga tidak percaya bahwa ternyata bisa, tidak seperti pernyataan dan perkataan nya diawal tentang kepercayaan dirinya yang tidak bisa menurunkan berat badan.


Saat melihat kondisi dan postur tubuhnya yang baru turun 13 kg (karena target penurunannya adalah 24 kg) tapi dengan perubahan tubuh yang drastis, seperti : wajah, pipi, perut, lingkar dada, dll, saya katakan pada dia : apa mau diteruskan nih programnya hingga turun 24 kg, dan dia bilang iya. Oke lah kalau begitu, kalau itu yang memang dia inginkan dan saya katakan kepada dia : saat ini saya tidak akan melakukan intervensi apapun pada pikiran kamu agar apa yang kamu pilih, tetapkan dan rasakan tetap terus berjalan dengan semestinya. Jadi saya hanya berkomunikasi dengan temannya saja dan mulai mempengaruhi dan memasukan program awal kedalam pikiran temennya yang juga mau menurunkan berat badannya.

Ya….begitulah sedikit cerita tentang program penurunan berat badan ditempat praktek saya, yang saya beri label “Natural Weight Loss with Mind Programming”. Di program ini dapat ditentukan kondisi tubuh yang diinginkan oleh pasien, mulai dari bentuk wajah, leher, lingkar dada, kondisi payudara (mau ditambah besarnya, di kecilkan atau tetap saja), lingkar lengan atas dan bawah, lingkar pinggang dan pinggul, kondisi pantat (tetap, atau mau lebih), lingkar paha & betis, yang semuanya disesuaikan dengan yang diinginkan dan ditetapkan pasien dan sesuai dengan berat badan yang diinginkan dan juga ditetapkanya.

1 komentar:

  1. salam dr..
    kok bisa pasien menentukan bentuk/ukuran wajah dll yang diinginkan?
    saya pikir lemak menghilang tanpa bisa kita kontrol dmana area2nya.
    apakah karena kekuatan pikiran itu?
    trims

    BalasHapus